Saturday, August 4, 2012

RT @aimi_asi Setiap orang yg dgn sengaja menghalangi pemberian ASI bs dipidana 1thn penjara dan denda 100jt. (UU36/2009)

8 comments:

  1. UU Kesehatan No 36/2009, Pasal 128 ayat (1) yang isinya 'Setiap bayi berhak mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif sejak dilahirkan selama 6 bulan kecuali atas indikasi medis'.

    Sedangkan pada Pasal 128 ayat (2) berbunyi 'Setiap orang yang dengan sengaja menghalangi program pemberian air susu ibu eksklusif dipidana penjara paling lama satu tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta'.

    Namun aturan hukum tersebut baru bisa dijalankan jika sudah ada peraturan pemerintah (PP). Nah, saat ini kementerian kesehatan sedang menggodok RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah) Pemberian ASI dengan melibatkan koalisi peduli ASI.

    RPP ini sedang digodok dan diharapkan bisa terbit pada Oktober 2010 atau 1 tahun sejak UU Kesehatan disahkan yakni Oktober 2009.

    "RPP ini masih terus digodok kemenkes yang mengajak koalisi peduli ASI termasuk AIMI untuk diskusinya," kata Ketua Umum AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) Mia Sutanto ketika dihubungi detikHealth, Kamis (12/8/2010).

    =================================

    kayaknya PPnya belum ada deh, untuk menguatkan UU Kesehatan tersebut...

    ReplyDelete
  2. http://www.depkes.go.id/downloads/PP%20ASI.pdf

    udah ada Peraturan Pemerintah No 33 Tahun 2012
    tapi belum ada pasal yang menguatkan UU tersebut

    ReplyDelete
  3. nanti aku mention @aimi_asi nya

    ReplyDelete
  4. trims ^ _ ^
    nanti kalau ada wawancara lagi sama aimi tolong ingetin aku ya untuk nanya ini juga hehe, seingat aku, aku belum pernah nanya tentang ini juga

    ReplyDelete
  5. udah aku mention :D
    tinggal nunggu jawaban
    smg ada respon

    ReplyDelete
  6. belum direspon juga niy sama aimi

    ReplyDelete

visitor

free counters