Monday, July 2, 2012

Pro ASI Bukan Berarti Anti Susu Sapi


Alhamdulillah sudah memasuki usia hampir 7 bulan kehamilanku. It means sebentar lagi aku bakal jadi seorang Ibu, aamiin Ya Rabb. Jadi Ibu kedengerannya emank something wow yah, secarra kita (me and hubby) bakal punya amanah yang DIA titipin ke kita buat dijaga, dirawat, dididik dan dibesarkan. Maka dari itu yang namanya belajar dari sekitar, orang tua, sodara, temen, dll itu hukumnya wajib. Pokoknya harus open mind deh dan mau belajar agar kita sebagai orang tua ga salah langkah. Orang tua mana siy yang ga pengen jadi ortu ideal? *semua pasti ngacung dyeh.

Okeh, next terkait dengan ortu ideal ini, ada buanyak sisi yang harus disentuh, maksudnya banyak hal yang harus dibahas dan yang paling awal yaitu tentang makanan si anak. Anak baru lahir apa siy makanannya? Semua pasti sepakat kalo ASI adalah makanan dedek bayi. Nah terkait ASI ini, sebenernya aku barru ngeh dan paham loh akhir-akhir ini ajah (eaaaa, ke mana aja buuu). Iya sejak aku menikah dan moving ke Depok dan bantuin suami di toko online http://asibayi.com aku bener-bener baru ngeh sama dunia perASIan. Mungkin rada telat yah secarra kondisinya aku sudah menikah dan ga lama trus hamil. Hoho. Tapi gapapa donk yah daripada telat ga ngeh sama sekali.

Jadi maksudnya gimana ga ngehnya buuuu? Iya, jadi aku mikirnya bayi ga minum ASI ajah, tapi juga bisa minum susu formula (yang buat bayi pastinya) biar si bayi itu ga kurang-kurang amat makanannya, emank kalo ASI doank kenyang ya? Mungkin kenapa aku berpikiran gitu, karena pas adekku lahir, mereka kembar, ibuku usianya sudah 34 tahun (sebenernya masi muda ini mah) keteteran nenenin dua bayi dan karena dikhawatirkan si dedek kurang kenyang, makanya ditambah sama sufor a.k.a susu formula. 

Nah, sejak bergabung di toko online http://asibayi.com inilah aku jadi tau, betapa para Ibu-Ibu itu (customer) berjuang sekuat tenaga dan dana agar dapat memberikan ASI ekslusif sampai usia 6 bulan dan plus MPASI sampai usia 2 tahun. Keren yah ;). Anyway aku juga anak ASI loooh, ibuku nenenin aku sampai usia mau TK kayaknya, xixi. Thanx to my lovely mom.

Eh kenapa gitu ASI eksklusif itu wajib sampai si baby usia 6 bulan? Jaman serba internet, punya pertanyaan apapun, langsung deh nanya sama mbah google dan nemu jawabannya di sini http://kesehatan.kompasiana.com/ibu-dan-anak/2011/12/04/ini-lho-mengapa-ibu-dianjurkan-memberi-asi-hingga-2-tahun%E2%80%A6/

Yang pertama, perintah menyusui ternyata ada di Al Qur’an loh. Ada di dalam Q. S. Al Baqarah ayat 233
“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan…”
Helo, helo, aku muslim kaaan? Kalo di Al Qur’an ada ya udah pasti kita harus taat donk yah ;) .


Yang kedua, based on hasil gugling lagih nemu ini
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/06/08/m5b01o-ibu-kini-wajib-beri-asi-eksklusif-peraturan-terus-disosialisasikan. Kutipannya “Peraturan pemerintah tersebut pada dasarnya adalah mewajibkan seluruh ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka selama enam bulan”. Wooo, ada peraturan pemerintahnya bok. Siapa warga Negara yang baik angkat tangan?


Dan setelah dipikir-pikir lagi, lah ngapa juga DIA udah menganugrahkan ASI ke ibu yang habis melahirkan tapi ga diberikan ke bayi?? Dan jugaaa, momen nenenin itu adalah salah satu momen terromantis, secara itu ibu dan anak gitu loh.

Now, I’ve been open mind about ASI dan bertekad semoga DIA mudahkanku dalam memberi ASI eksklusif. Ayo di-aamiin-kan yaaa pembacaaa :D. Jangan mau kalah sama pejuang ASInya customer http://asibayi.com . Meskipun, ternyata ada juga customer yang masi make sufor, maksudnya, mereka iya siy beli botol ke kita, itu botol seharusnya buat diisi ASIP (ASI hasil perah), etapi ada juga yang beli botol buat diisi sufor :((. Ditanya anaknya umurnya berapa, ternyata masi di bawah 6 bulan, yah bundaaa, kenapa dikasi sufor :((. Ternyata katanya karena memang susah keluar ASInya. Yah paham siy, normalnya emank ASI itu ada, tapi mungkin ada beberapa orang yang dikasi ujian sulit keluar ASInya. Tapi sebenernya ga boleh nyerah gitu aja loh, tetep usaha maksimal dan berrrrdoa sungguh-sungguh sama DIA. 

Eh masa iya segitunya ga boleh minum susu formula??? Kataku siy usahaaa dulu semaksimal mungkin hingga usia 2 tahun itu cukuppp ASI. Balik ke tulisan awal tadi “Orang tua mana siy yang ga pengen jadi ortu ideal?” nah kondisi idelanya ya kasi ASI hingga usia 2 tahun. Trus abis 2 tahun udahan minum susunya? Kan ga ngeASI lagi tuh. Kalo buat pertanyaan ini, aku jadi inget kalimat semboyan (eh semboyan bukan yah istilahnya) 4 sehat 5 sempurna, dan 5 sempurnanya itu susu. Ternyatah, itu semboyan lama buuu. Aku juga taunya setelah follow twitter @ID_AyahASI, dapet info kalo sekarang itu istilah gizi seimbang dan sudah bukan lagi 4 sehat 5 sempurna. Oooooo *manggut-manggut kan tuh.

Apa itu gizi seimbang ibu-ibuuuu? Gizi seimbang itu “Makanlah aneka ragam makanan yaitu sumber tenaga (karbohidrat), pembangun (protein), pengatur (vitamin dan mineral)”. Trus susunya masuk mana buuu? dalam Pedoman Gizi Seimbang, susu bukan lagi penyempurna gizi, tapi hanya salah satu unsur dalam kelompok sumber protein. Jadi sifatnya susu itu optional atau pilihan (engga wajib). 

Trus apa iya jadi susu kayak kedengeran “engga boleh” dikonsumsi??? Bukan engga boleh doooonk, tapi engga wajib, boleh tentu boleh bangettt. Jadi seperti terkesan, penganut ASI eksklusif  dilarang minum susu sapi! iya dilarang kalo masi di bawah usia 2 tahun, kalo udah di atas itu boleh dooonk. Jadi be wise yah para Bunda, be open mind and be smart. 

Sekarang bahas susu sapi, tentunya bahasan ini untuk konsumsi anak di atas 2 tahun yah bunda. Susu sapi gimana si yang bagus? Pada dasarnya bagus, karena tujuan awalnya kan tadi, sebagai salah satu sumber protein. Mau yang meres langsung dari sapinya bagus, tapi apa bisa jamin aman dari bakteri? Maksudnya sapi itu hewan yang hidup di kandang yang secara kebersihan jelas beda sama manusia *ya iyalaaah. Nah makanya lebih enak kalo susu sapi itu udah diolah dan wujudnya sudah dalam kemasan. Jadi konsumsinya mudah gituh. Udah terjamin ke-higienis-annya.

Apa cukup hanya higienis yang perlu jadi perhatian kita? Tentu engga, apalagi sebagai muslim, yang pertama dan paling utama adalah kehalalannya. Eh susu sapi masa ga halal si buuu? Bisa jadi loh buuu, kan susu kemasan pake proses pengolahan, proses pengolahan itu bisa jadi makenya bahan-bahan yang engga halal. Aku juga taunya dari http://www.halalmui.org, sekali lagi, jadi ibu itu harus open mind, ada teknologi, manfaatin donk, cari ilmu sebanyak-banyaknya, sekarang jadi tau kan kalo susu bisa engga halal? *manggut-manggut.

Gampangnya nyari susu sapi olahan dengan kemasannya ada gambar halalnya kayak gini loh buuu

Ga kerasa panjang juga postingan blogku kali ini, kesimpulannya, jadi ibu itu harus smart, ga latah, wise, open mind dan mau belajar :).

2 comments:

  1. Mantep artikelnyaa..update terus infonya, mbakk..
    An sukaaa ^_________^

    semoga bisa ASI eksklusif 6 bulan dan selanjutnya bertahan sampai 2 tahun..

    ReplyDelete

visitor

free counters