Tuesday, April 10, 2012

sayur bening :*

berawal dari obrolan di fesbuk bersama mba desi, vera, dan afin, finally berhasil membuat sayur bening bayam enaaaaaaak.

 

 


ternyata gitu tho caranya, haha, ke mana aja iiiiiiiiiiiiii. rasa sayur bening ini mengingatkanku pada waktu ketika aku sakit gejala tipes diopname di puskesmas Sampang, menu tiap hari makan sayur bayem (dari puskesmasnya) plus tempe goreng. seingetku, rasanya enak banget, manis, dan gurihnya dari tempe gorengnya. mari makaaaan

51 comments:

  1. aku iso dunk.. qiqi
    brambang salam .. haha

    ReplyDelete
  2. intinya bayamnya jangan terlalu lembek,teh..
    selain mengurangi gizi, agak gimanaaaaaa gt jg kalo masuk d mulut,hehehehe

    ReplyDelete
  3. .... *ngidam jamur kancing di-sop bening~

    ReplyDelete
  4. @fajar
    nek nang sampang kuwe yah
    nganggone kencur

    @raya
    yup
    aku masukin bayam malah pas udah mati apinya
    jadi air kan masi kebul2 tuh
    masukin bayamnya

    @mb yana
    resep dari mba desi:
    Air didihkan. Masukin irisan bawang merah dan kunci (kalau di daerah lain gak tau apa namanya. itu lho bumbu dapur (sodaranya jahe lengkuas kunyit) warnanya kuning, biasa dipotong dijadiin alas giwang orang2 di desa). Kuncinya sekucupnya aja. Lalu masukin bayam. Pakai gambas atau oyong juga bisa (masukin sebentar sebelum api dimatiin). Garam. Gula. Udah deh.

    ReplyDelete
  5. @vera
    nyari jamur kancing harus ke supermarket
    dan adanya di jakarta
    haha

    ReplyDelete
  6. haduh itu gambas dan oyong apaan, yak?

    ReplyDelete
  7. dyas juga bisa, kak masak gitu an :P

    tapi ayam kecap k'kiki juaraaaa

    ReplyDelete
  8. huuuaaa pengen bikin krim sup lagiii yang ada jamur kancingnyaaa

    ReplyDelete
  9. kasian... *pukpuk mba ii *lempar jamur+kancing XD

    ReplyDelete
  10. kancing baju dilembabin aja ya sampe tumbuh jamur....
    taraaa jamur kancing! *dikeplak jamur tiram

    di supermarket aku ga nemu jamur kancing kering, adanya jamur air *sama gak sih?*

    ReplyDelete
  11. Ak jg sukaaaa masak sayur bening, soalny plg sehaaattt, minim bumbunya... Ak pk kencur...

    Eh tp barusan ak masak oseng bayem, kesukaan suamiku, mnt resepny dr mertua, hehe

    ReplyDelete
  12. Gambarnya menggugah selera

    katanya kalau sayur beningnya mau enak, pakai temu kunci

    ReplyDelete
  13. Bikin lapeeeeeeeeer euy liat potonyaaaaaa......

    ReplyDelete
  14. tempatku sayur bening lebih simpel lagi cuman pake garam, udah......

    ReplyDelete
  15. di tempatku gk pake wortel

    btw makan siangku hari ini sayur bening lho
    mau nyambel dulu yah :D

    ReplyDelete
  16. aku lebih suka sayur bening daun katu :D

    ReplyDelete
  17. full editing using photoscape
    haha

    ReplyDelete
  18. wortel kan enak pril

    wah arep kene sambele

    ReplyDelete
  19. itu nanti kalo udah jadi busui :D

    ReplyDelete
  20. hoo... iya sih mbak.
    soalny ibu klo dirumah lebih sering nyayur katu dibanding bayem.. entah rasanya lebih enak..
    klo simbah baru sering bayem tapi dibobor

    ReplyDelete
  21. kalo orang sepuh emank udah dilarang makan bayam
    ibuku juga mesthi nyayur katu

    dibobor aku kayaknya belum pernah makan
    mungkin pernah tapi di tempat orang
    hehe

    ReplyDelete
  22. krn pencernaan y mbak?

    klo bening kadang dikasih gambas? eh aduh lupa namanya.
    g pernah pake wortel :D

    mbak itu tutorial pake jilbabnya gimana? bisa lapis2 gitu. apa udah bahannya
    *nglirik hs

    ReplyDelete
  23. asam urat dest kalo ibuku

    iya gambas/ oyong juga bisa



    wortel aku suka :D
    soalnya warnanya cerah
    cakep

    itu jilbabnya dua lapis
    aku skrg suka makenya gitu
    dua lapis jadi ga nrawang
    krn paris tipis
    caranya ditumpuk aja
    kayak desti pake 2 jilbab
    tumpuk2 gitu
    hihi

    karena aku suka smw warna
    jadi sering tabrak lari warnanyah
    hwhw

    ReplyDelete
  24. segeeerrrr...
    kalau pakai kunci lebih enak ya mbak daripada kencur

    ReplyDelete
  25. kalo aku terbiasa kencur mba
    bisa krn terbiasa

    ReplyDelete
  26. ho oh, tau nya bening bisa pake kencur baru-baru aja dari eyang saya juga :D

    ReplyDelete
  27. daerah mana mba eyangnya
    ternyata utk drh ngapak2 pakenya kencur
    banyumas, cilacap

    ReplyDelete
  28. purbalingga, ngapak juga kayaknya deh ;)

    ReplyDelete
  29. :D :D
    masak sih mbak yg pake kencur cuma yang ngapak? coba tegal?

    ReplyDelete
  30. @ummuyusuf
    tegal juga ngapak
    ga tau kalo tegal si

    ReplyDelete

visitor

free counters