Monday, October 31, 2011

(copas) Bahaya Jika Balita diajarkan Calistung

copas dr fb teman, semoga bisa bermanfaat



Anak usia di bawah lima tahun (balita) sebaiknya tak buru-buru diajarkan baca tulis dan hitung (calistung). Jika dipak...sa calistung si anak akan terkena ‘Mental Hectic’.



”Penyakit itu akan merasuki anak tersebut di saat kelas 2 atau 3 Sekolah Dasar (SD). Oleh karena itu jangan bangga bagi Anda atau siapa saja yang memiliki anak usia dua atau tiga tahun sudah bisa membaca dan menulis,” ujar Sudjarwo, Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ditjen PNFI Kemendiknas, Sabtu (17/7).



Oleh karena itu, kata Sudjarwo, pengajaran PAUD akan dikembalikan pada ‘qitah’-nya. Kemendiknas mendorong orang tua untuk menjadi konsumen cerdas, terutama dengan memilih sekolah PAUD yang tidak mengajarkan calistung.



Saat ini banyak orang tua yang terjebak saat memilih sekolah PAUD. Orangtua menganggap sekolah PAUD yang biayanya mahal, fasilitas mewah, dan mengajarkan calistung merupakan sekolah yang baik. ”Padahal tidak begitu, apalagi orang tua memilih sekolah PAUD yang bisa mengajarkan calistung, itu keliru,” jelas Sudjarwo.



Sekolah PAUD yang bagus justru sekolah yang memberikan kesempatan pada anak untuk bermain, tanpa membebaninya dengan beban akademik, termasuk calistung. Dampak memberikan pelajaran calistung pada anak PAUD, menurut Sudjarwo, akan berbahaya bagi anak itu sendiri. ”Bahaya untuk konsumen pendidikan, yaitu anak, terutama dari sisi mental,” cetusnya.



Memberikan pelajaran calistung pada anak, menurut Sudjarwo, dapat menghambat pertumbuhan kecerdasan mental. ”Jadi tidak main-main itu, ada namanya ‘mental hectic’, anak bisa menjadi pemberontak,” tegas dia.



Kesalahan ini sering dilakukan oleh orang tua, yang seringkali bangga jika lulus TK anaknya sudah dapat calistung. Untuk itu, Sudjarwo mengatakan, Kemendiknas sedang gencar mensosialisasikan agar PAUD kembali pada fitrahnya. Sedangkan produk payung hukumnya sudah ada, yakni SK Mendiknas No 58/2009. ”SK nya sudah keluar, jadi jangan sembarangan memberikan pelajaran calistung,” jelasnya.



Sosialisasi tersebut, kata Sudjarwo, telah dilakukan melalui berbagai pertemuan di tingkat kabupaten dan provinsi. Maka Sudjarwo sangat berharap pemerintah daerah dapat menindaklanjuti komitmen pusat untuk mengembalikan PAUD pada jalurnya. ”Paling penting pemda dapat melakukan tindak lanjutnya,” jawab dia.



Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Srie Agustina, Koordinator Komisi Edukasi dan Komunikasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), menyatakan, memilih mensosialisasikan produk pendidikan merupakan bagian dari fungsi dan tugas BPKN untuk melakukan perlindungan terhadap konsumen.



Dalam hal ini, kata Srie, BPKN memprioritaskan sosialisasi pada anak usia dini. Sebab berdasarkan Konvensi Hak Anak, setiap anak memiliki empat hak dasar. Salah satunya adalah hak untuk mendapatkan perlindungan dalam kerugian dari barang dan produk, termasuk produk pendidikan. ”Untuk itu sejak dini anak dilibatkan, karena di usia itulah pembentukan karakter terjadi,” papar Srie.



Namun menurut Srie, mengedukasi tentang sebuah produk harus menggunakan metode khusus. Tidak dapat berwujud arahan dan larangan, namun dengan cara yang menyenangkan, salah satunya dengan festival mewarnai sebagai salah satu teknik untuk memberikan edukasi. ”Dengan mewarnai, mereka bisa terlibat dan merasa lebur di dalamnya, selain itu dalam gambar yang diwarnai tersebut disisipkan pesan-pesan yang ingin disampaikan,” pungkasnya.

source : http://luarsekolahbisa.com/2010/08/bahaya-balita-diajarkan-calistung-saat-sd-potensi-terkena-mental-hectic/

Saturday, October 29, 2011

mupeng liat poto2 di siniiii http://coffeesleepy.blogspot.com/2011/10/at-karimun-jawa.html

new comer

eh ada yang baru loh di onlen shopku. gamisnya anak muda :p. cocok buat kuliah, syuro, ngaji, atau yang udah jadi bunda, juga bisa pake ini buat arisan, atau di rumah juga bisa karena bahannya adem



harga : 150.000
sms : 0897 581 3017



great wedding dress

have just found this images from google images, it's gorgeous


Friday, October 28, 2011

ketularan

ngliatin orang cakep ah biar ketularan cakep
XD













source : mbah gugel images

26 tahun yang lalu

26 tahun yang lalu, ibuku bersama sahabatnya mengikuti prajabatan, sama-sama membawa bayi yang baru berusia beberapa bulan. karena harus diberi asi, diboyonglah aku dan defi (anaknya sahabat ibuku) di prajabatan itu. bahkan katanya aku sempet berbagi asi dengan defi (brarti kita saudara sesusuan ga tuh? hehe)

dan ternyata, memori 26 tahun yang lalu akan terulang dengan hal yang sama. ibuku dan sahabatnya, mengikuti PLPG dengan membawa aku dan defi sebagai asisten. bedanya, dulu kita sebagai yang diurus, sekarang kita yang mengurus ibu kita (sebagai asisten). hwhw

tebak-tebakan

nemu ini di FB
hayo yang bisa jawab dengan cepat sapa hayooo

aku nemu jawabannya setelah beberapa menit
hihi

sumpah pemuda

hari ini hari sumpah pemuda
eh ada yang status FBnya lucu



Thursday, October 27, 2011

remember it ii "Kalau Allah berkehendak menurunkan sesuatu, maka DIA selalu punya cara dan alasan kenapa ia harus ada di dunia. Tinggal memaksimalkan ikhtiar, menyempurnakan Iman, lalu do'a tiada henti. Insya Allah, Allah akan mengambil peran-Nya untuk memudahkan segalanya..."

beda orang kota dan desa

bulan haji bulan menikah, banyak banget undangan yang mampir ke rumah. karena saking banyaknya, aku dan ibuku jadi ngamatin undangan-undangan itu. ternyata ada dua jenis undangan loh. kalo disimpulin, ada undangannya orang kota dan undangannya orang kota. mau tau bedanya?

kota : di bagian depan terdapat nama pengantin pria dan wanita
desa : di bagian depan terdapat nama bapak dan ibu pengantin wanita

kota : di bagian turut mengundang ada nama ayah pengantin pria dan wanita
desa : di bagian turut mengundang nama kakek, pakdhe, atau bahkan kepala sekolah dari orang tuanya pengantin putri

MPer yang udah nikah, undangannya masuk kategori desa or kota ni?

quote of the day

"cinta bukanlah tentang aku dan kamu, tapi mereka dan mereka"

-fitrilia silvianti-

*sepakat ama quote di atas, ah kita emank sering sehati :p

baru nemu ada undangan nikah, resepsi dulu baru akad @_@

Friday, October 21, 2011

buka MP pertama ada invitation dari temen TK :) MP emank connecting banget

syapa mau diskon?











diskon 10 % ladies
so, it's only 153.000

order : sms 0897 581 3017

grab it fast girls ;)

ps : mb yana, yang mba yana ga diskon yah, karena beda merk ;)

diskon










diskon 10 % ladies
so, it's only 153.000

order : sms 0897 581 3017

grab it fast girls ;)

ps : mb yana, yang mba yana ga diskon yah, karena beda merk ;)

after the rain

Thursday, October 20, 2011

random thougt



allahumma sayyiban naafi'an

musim hujan tlah tiba. sudah dua hari ini desa sampang, hometownku diguyur hujan. di waktu yang sama, jam 3 pagi sampai shubuh. jadi bangun tidur liat taneman ijo semua. segerrr. pantesan yah sebelumnya hawanya "sumuk" sangat. ternyata karena mau ujan. dan sekarang suasananya mendung-mendung gerimis kecil. so romantic. yang pergi keluar rumah jangan lupa bawa payung atau mantel buat yang pake motor.

ini oktober yah, sebentar lagi temen-temenku wisuda. lumayan banyak yang wisuda oktober kayaknya. barakallahu. selamat datang di dunia baru. sekarang udah ga punya status mahasiswa lagi. kembali seperti semula. job seeker? pengangguran? jangan donk. sebisa mungkin jangan nganggur, karena nyuci baju juga termasuk engga nganggur kan? qeqeqe

scan

have just scanned this photo, hehe

visitor

free counters