Tuesday, August 30, 2011

sibuk masak :p

it's my first time bikin opor. sebelum-sebelumnya selalu pesen. karena sok repot :p bersihin rumah dll, urusan makanan pesen ajah. tapi karena taun ini ibuku melihat ada sumber daya yaitu aku dan twin adikku, jadilah dengan PEDEnya bikin ketupat dan opor sendiri. and the story begin :p

pertama diawali dengan pembuatan kering kentang sebanyak 10 kg (sungguh brasa lagi hajatan :p). biar ga brasa sak hohah, dicicil bikinnya dari pertengahan romadhon. tiap hari ngupas 8 potong kentang, dipotong tipis-tipis kayak chitato, digoreng lalu simpen dalam toples. FYI, nggoreng kentang butuh waktu lumayan lama karena kadar airnya tinggi.

kentang yang digoreng setelah terkumpul dimasak buat dijadiin kering kentang. bumbunya cabe merah, bawang putih, garem. simpel kan? dari pengolahan pertama sampai kelima ditangani ibuku. dan hasilnya oke. pengolahan keenam aku yang nanganin dibantu mba asisten. dan hasilnya??? mplempem keringnya :p. kata ibuku "gapapa, namanya juga baru pertama, ibu juga bisa setelah melalui kegagalan berkali-kali". dan jadilah setoples besar kering kentang. kering kentang ini buat dibagi ke anak-anaknya ibu, jadi bikinnya buanyak :))

proses selanjutnya bikin ketupat. nganyam janur aku belom bisa, jadi beli aja anyamannya yang udah ada di pasar. mentang-mentang lebaran harganya jadi mahal. huehehe. resepnya aku nyontek di opa amir di sini http://multiply.com/m/item/mmamir38:journal:277. dan hasilnya? BERHASIL...alhamdulillah ^______^. *sebenernya karena dibantu mba asisten juga si :p

next, bikin opor ayam. bumbunya? bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar, merica, garam, salam, laos, serai. maybe tiap keluarga punya bumbu khasnya masing-masing yah. kata mba asisten, kalo dia bikin ga pake bawang merah katanya. kalo kamu? biar empuk ayamnya pake pressure cooker *maklum suka sakit gigi kalo alot :p. buat santan pake kelapa dua buah *metik di kebon. setelah jadi, aku cicipi, rasanya kayak garang asem. ternyata karena ibuku terlalu banyak ngasi daun salam. but overal masi rasa opor kok :p

masak itu ga beda ama riset di Lab. ada pencucian alat, preparasi bahan, proses reaksi (masak maksudnyah :p) trus ada result, berhasil atau engga. kalo ga berhasil alasannya kenapa *halah

met idul fitri  ^_^

23 comments:

  1. wuu...ternyata cuma ngasisteni masak ta?

    ReplyDelete
  2. iyaa...
    kemaren malem dooong, aku nggoreng ikan mpe jam 11 maleeeem... huaaah

    nek opor, aku pernah dulu, sama bumbunya kayak mba ii'
    aku juga dulu pernah coba bikin ayam goreng, tapi ga mateng, wkwkwkwk
    ato yg gosong? http://beautterfly.multiply.com/notes/item/215 tapi coba lagi, lebih mending http://beautterfly.multiply.com/notes/item/217

    wiiih, hebat bisa bikin kering kentang

    ReplyDelete
  3. wahahah

    sama kita sibuk masak :p

    tos donk bumbunyah

    ayam goreng juga sama bumbunya

    iya lama-lama pengen jualan kering kentang :p

    ReplyDelete
  4. kalo kering kentang, aku beli
    opor, ibu aja yang bikin, hwhwhw.. aku ngerebus kupat ae

    ReplyDelete
  5. lebaran kali ini aku bikin kue ki.. Tar deh d crtain hasilnya... Mudik lepy sengaja d tinggal..

    ReplyDelete
  6. Wahh.. Bikin kering kentangnya banyak banget.. Hehe

    ReplyDelete
  7. waaahhh ngiler kering kentaaanngggg =D

    ReplyDelete
  8. Wah. Selamat ya!
    Sekalian selamat Idulfitri, mohon maaf lahir & batin.

    ReplyDelete
  9. wuiiii...enak.. nyam..nyam..
    met lebaran ya mba..
    taqobbalallahu minna wa minkum..
    maafin atas segala khilaf ya.. :)

    ReplyDelete
  10. dijual berapa harganya?
    :p

    aamiin ya Rabb *eid cardnya

    ReplyDelete
  11. mau liat mau liat
    mau icip juga :D

    aku kemaren sekalian boyongan
    jadi lepi aku bawa

    ReplyDelete
  12. anaknya banyak soalnya, belum mantu, belum cucu, hihi

    ReplyDelete
  13. iya opa makasi resepnya ^^

    maaf lahir batin juga

    ReplyDelete
  14. sini siniii maem di rumahku ^^

    aamiin ya Rabb


    sami2

    ^^

    ReplyDelete
  15. aseekkk mbk ii buka catering.. ;p

    ReplyDelete

visitor

free counters