Wednesday, April 6, 2011

catatan untuk diri sendiri

ga kerasa, udah memasuki tahun keduaku di kampus gajahmada ini. sepertinya baru kemarin tiba-tiba memutuskan untuk lanjut. daftar sendirian ke kantor DAA yang dulu tempatnya masi di gedung pusat (sekarang DAAnya pindah di sebelah UC dan lebih oke pelayanannya). takjub liat gedung pusat (aku ndeso :p) yang menurutku bangunannya seperti di Eropa. setelah itu harap-harap cemas menanti surat balasan apakah aku diterima atau tidak. alhamdulillah aku diterima tapi sebenernya ada perasaan takut. apakah aku bisa?

ketakutanku ternyata terbukti, karena major yang aku ambil berbeda dengan sebelumnya, yaitu biochemistry (di sini ga ada biochemistry). aku malah mengambil organic chemistry yang kata alumninya major paling momok. nilai C begitu mudah dikeluarkan. beda dengan major lain yang nilai minimalnya B. sempet down waktu itu. karena siapalah aku, aku yang begitu biasa ketika di Undip, aku bukan si cumlaud_er, aku yang ga pernah ikut kegiatan riset macam PKM, dll.

perkuliahan dimulai akhir agustus 2009. bener-bener merasa belajar dari awal lagi karena majornya beda. udah gitu di organic chemistry perempuannya hanya 3, laki-lakinya ada 8. dari hasil pengamatan, laki-laki lebih menggunakan logika, sehingga mereka cepet mengerti tentang matakuliah2nya. terbukti juga pas midterm mekanisme reaksi organik, matakuliah yang mengandalkan logika banget, bukan hafalan, karena openbook. semua mahasiswa mendapat nilai A. dan aku sebagai mahasiswi dapet C. rasanya mau nangis waktu itu, rasanya berrat banget studi lanjut, rasanya pengen escape. ga cuma satu matakuliah aku ga bisa, tapi hampir semuanya. makanya waktu itu sempet kepikiran buat keluar dan nyari kerja aja. tapi apa kata bapak ibuku nanti? apa kata dosbing S1ku juga, karena sebelum mendaftar aku minta surat rekomendasi dari mereka. dan sepertinya escaping bukanlah solusi yang baik. dalam hal apapun. setelah berpuas-puas nangis, aku menyusun kekuatan kembali. mengatur strategi dan mencoba menggunakan logika lebih banyak biar kayak temen-temenku yang laki-laki, hehe. di saat liburan semester, aku manfaatin buat merangkum semua matakuliah yang udah aku dapet. karena tipe belajarku menulis, jadi lebih enak bikin rangkuman. emank si yang aku lakukan belum hard work, tapi paling engga, ada ikhtiar di sana, sekecil apapun itu.

semester 2 ternyata masih sama, bahkan tambah susah matakuliahnya. aku dan sahabatku yang merasa senasib kadang nangis bareng saking ga mudhengnya sama matakuliahnya, hehe. mengatur strategi lagi gimana caranya biar mudheng. belajar kelompok, kursus sama yang pinter-pinter, dan ngerjain tugas dengan sebaik-baiknya. ah jadi kangen masa-masa kuliah.

semester 3, kebanyakan udah ga ngambil matakuliah, tapi aku? masih donk, udah mbayar kok :P. hampir semua matakuliah di semester 1 aku ambil lagi (mengulang!). dengan semangat 45 mengulang matakuliah. mau lebih rajin kuliah dan serius. tapi ternyata sudah mulai riset, jadinya sering bolos. hmmm...ya gapapalah, kan bisa blajar sendiri. alhamdulillah semester 3 bisa dilalui smoothly. ternyata aku bisa! tentunya atas kehendakNya. coba kalo di semester 1 aku escape dan menyerah. aku ga akan pernah tau kalo sebenernya aku bisa (atas kehendakNya tentunya).

di semester 4 ini, semoga aku bisa menyelesaikan studiku dan selanjutnya menggapai mimpi-mimpiku yang lain.

-diselaseladikejardetlen-

26 comments:

  1. wuaaa..wes rampung Qi ?? keren tenann....hihihi selamat n semangat yahhh ^___^v salam buat Pak Tridjoko nya hahahaha.

    ReplyDelete
  2. @miftah
    beluuuum
    masi repisi2
    bkn flashback biar semangat repisi
    hehe

    @priyo
    :D

    ReplyDelete
  3. @kereyoben
    haha

    @tofan
    gapapa
    biar ga buthek :p

    @ely
    osh!!!

    ReplyDelete
  4. semangath! deketin para mahasiswa pintar biar ketularan xixixi

    ReplyDelete
  5. @atrid
    haik :D

    @mb nikinput
    okeeeeeee

    ReplyDelete
  6. aku juga mau S2 aah ntar :D
    *S1 ajah belom kelar :((

    ReplyDelete
  7. ;) semangat! Jgn nuntun dorama dulu smp lu2s haghag

    ReplyDelete
  8. @fajri
    so do u

    @kiki
    ayo jangan nonton dorama mulu :p

    @anty
    iya nih nty
    harus menahan diri
    hehe

    ReplyDelete
  9. semoga gemma juga, *sama2 semester 4* :D

    aamiin..

    ReplyDelete
  10. @gemma
    aamiin
    saling mendoakan

    @ima
    tengkyuh

    ReplyDelete

visitor

free counters