Thursday, December 16, 2010

reminder

kuliah biokimia bab informasi genetik selalu menyenangkan buatku. karena terkait tesisku juga, dan materinya bikin terkagum-kagum. gimana enggak, dengan adanya pewarisan informasi genetik, bentuk manusia tu sama dari masa ke masa. hidung lubangnya dua, tangan jarinya lima dan yang pasti manusia bentuknya manusia, bukan daun melinjo, kucing atau makhluk hidup yang lain selain manusia. tentunya terkagum-kagum lagi (dengan pangkat kekaguman yang berlipat) terhadap penciptanya. segala puji hanya bagiNya. senyawa yang berperan dalam pewarisan sifat adalah asam nukleat. asam nukleat tu ada DNA sama RNA. DNA punya keistimewaan, bisa mereplikasi diri. selama ini, teknologi secanggih apapun ga ada yang bisa mereplikasi suatu senyawa. ini nih yang nyebabin bentuk makhluk hidup tu tetep. karena anakannya merupakan hasil pembelahan dari DNAnya langsung, jadi hasil replikasinya sama plek, sama persis. baru deh kalo DNA mom ketemu DNA dad, anaknya perpaduan dari itu. 

abiz ngomongin informasi genetik, next bahas enzim. ibarat kalo mau masak, enzim tuh orangnya yang mau masak. nutrisi tubuh ibarat bahan makanan yang mau dimasak. jadi bisa dibayangin kalo masak ada bahannya (nutrisi) tapi ga ada yang masak (enzim), ga akan terjadi proses masak-memasak tho. alhamdulillah ada enzim di dalem tubuh semua makhluk hidup. lagi-lagi terkagum-kagum dengan Dia. subhanalloh. tau ga si yang namanya isolasi enzim tu ga gampang dan mahaaal prosesnya. reagen yang dipake mahal, alatnya juga. nah manusia (salah satu makhluk hidup misalnya) punya berbagai macam enzim buat mencerna makanan (salah satunya). ga usah bikin, udah ada dari sononya, sehingga metabolismenya lancar, kebutuhan nutrisi terpenuhi, dan manusia bisa tetep hidup. tentunya semua itu karena karuniaNya bukan. itu cuma sekelumit dari matakuliah biokim yang aku ikuti tadi. masi banyak ilmu pengetahuan yang bisa diungkap yang kalo semakin dipelajari semakin takjub dengan kebesaranNya. sungguh diri ini tidak ada apa-apanya dan kadang lupa mensyukuri nikmat. astaghfirulloh

11 comments:

  1. wah, bagus ni cara menyampaikan biologi dalam bahasa yang sederhana ^__^

    ReplyDelete
  2. yang ngajarin analoginya dosenku tadi
    beliau emank keren

    ReplyDelete
  3. Salam bahagia...........
    Membesarkan nikmatnya yang tak terhitung inshallah.coretan yang cool

    ReplyDelete
  4. yupz


    bukan orang indonesia ya?
    *bahasanya tidak biasa, hehe

    ReplyDelete
  5. iya ya....saya di singapura tadi terbaca comment mu di Danti profile lalu mampir ke profile mu dan terbaca coretan mu lucu membuat ku tersenyum sendirian.

    ReplyDelete
  6. Subhanallah :D semua itu ciptaan Allah ^^ sempurna sekali ya..

    ReplyDelete

visitor

free counters