Tuesday, December 28, 2010

penasaran ih penasaraaan

saat ini aku dan dosbing sedang menghadapi masalah yang belum terpecahkan. apakah itu? hasil sekuensing yang kacau. udah tiga kali me-sekuensing dan hasilnya sama kacaunya. padahal yang primer satunya hasilnya bagus! primer 1 dan 2 dikerjakan oleh orang yang sama dan waktu yang sama dan hasilnya??? beda! yang 1 bagus, yang 2 kacau. kenapa bisa begitu? jadi curiga sama primernya. karena antara 1 dan 2 yang beda primernya. sedangkan semua-muanya sama. sampel sama, yang ngerjain tangannya sama, orangnya sama, waktunya sama, reagennya sama. jadi tersangka utama dari kekacauan ini menurutku adalah primer. tapi menurut ibu teknisi kesalahan terletak pada tanganku. baiklah ibu, bukan masalah kalo harus mengulang, cuma kalo ngulang asal ngulang menurutku itu konyol. kenapa? karena reagen mahal. hellooo, this world is old enough. banyak yang harus dihemat di jaman sekarang. udah gitu, justru kalo aku bisa alasan ke-anomali-an hasil sekuensing, mungkin nantinya akan bermanfaat. jadi buat penelitian selanjutnya bisa buat pelajaran. faktor-faktor apa aja yang mempengaruhi hasil sekuensing. emank si nyari reasonnya itu yang susah, harus studi literatur banyak. sebenernya pengen kenalan sama profesor biochemistry di japan trus nanya-nanya. ada ga yah yang ngempi ato bisa nemu di FB, hehe. rasanya sungguh penasaran, kenapa yah? ada yang tau kenapa? *thinking

21 comments:

  1. nek reagen larang...genti jerigen ae..C#

    ReplyDelete
  2. kuwi yo ojo
    kan jerigen soko plastik nonbiodegradable
    ora cinta lingkungan :p

    ReplyDelete
  3. penasaran juga, tapi ngga ngerti
    piye dung ii?..:D

    ReplyDelete
  4. entar kalo udah dapet jawaban aku kasi tau ya teh :D

    ReplyDelete
  5. segera, lebih cepat lebih baik :D

    ReplyDelete
  6. ada variabel bebas yang mengganggu..
    emangnya beda tangan Mbak waktu percobaan pertama dan berikutnya apa?
    apa karena keringetan atau grogi mungkin..

    ReplyDelete
  7. tangannya samaaaa, waktunya samaaa, groginya samaaaa
    itulah anehnya rama

    ReplyDelete
  8. berdasarkan pengalamanku,percobaan pertama itu seringnya berakhir bagus..

    bahan yang diuji asalnya sama?

    ReplyDelete
  9. samaaaaaaaaaaaaaaa

    yang beda cuma primernya
    makanya menurutku yang salah primernya
    tapi kata dosbing engga
    entahlah

    ReplyDelete
  10. anggep aja sama2 masak sop
    semua bahan sama
    yang masak satu orang
    watu waktu
    yang beda sop 1 pake garem
    sop 2 pake gula
    pas dimakan
    jelas rasanya beda
    tapi efeknya haruse sama kan
    ga berbahaya
    nah ini efeknya yang pake gula bikin mual2
    harusnya kan enggak
    karena yang pake garem ga bikin mual
    makanya diduga gulanya bukan gula, tapi racun
    *analogi yang aneh :p

    ReplyDelete
  11. analoginya emang aneh,
    sop pake gula?
    kalau sop buah mah enak,
    kalau sop daging pake gula,beuh..

    masih gak mudheng,mbak..

    btw,coba tanya Mas Danang Ambar Prabowo aje..

    lagi OL di YM tuh..

    ReplyDelete

visitor

free counters