(copas) tips sukses menyelesaikan skripsi

karena MPer banyak yang lagi berjuang dengan skripsweet
dan akupun sedang mengalaminya
jadi inget postingan setaun yang lalu oleh temen MPku yang sekarang udah ga punya MP lagi
masi bisa dibuka loh MP yang udah dicancel akunnya
sumbernya dari sini http://multiply.com/m/item/yusufalbahi:journal:88
semoga bermanfaat


Posted by ario on Nov 6, 2009 for everyone
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Bismillah....

Sebelum menulis..
Saya ingin menegaskan sesuatu kepada semua pembaca..

Jika masih saja da keluhan, TIDAK ADA WAKTU untuk DAKWAH di kala Skripsi...
Maka PERGILAH KE JURANG..

Jika masih ada kata-kata.. SAYA TAK BISA FOKUS KE SKRIPSI, karena ada amanah yang cukup banyak di kampus..
Maka LARIlAH KE HUTAN.. dan biarkan hewan buas memakanmu..

Jika masih ada kata-kata.. SAYA GA BISA KONSENTRASI MEMBAGI WAKTU karena banyaknya pekerjaan yang menanti tiap hari..
Maka BERHENTILAH BERKATA... dan pergilah kau kelangit ketujuh...
Istrahatlah disana...

Wuidddiiih... Koq jadi serem banget ya ?
Marahkah kamu Ario ?

Yupe..
Sejujurnya YA..
Saya ga SUKA.. Orang-orang tinggal sedikit lagi mencapai gari finish kelulusan, malah keasyikan dan banyak alasan untuk tidak menyelsaikannya..

Ada 3 Sahabat dekat saya... Yang sampai sekarang belum selesai SKRIPSI nya... Entah sudah berapa kali saya semangati.. tetap saja tidak mempan...

Saya menemukan sesuatu yang luar biasa ketika studi S2 disini..
Sejauh yang saya perhatikan..

Para Ikhwah, yang kesibukan dakwahnya tentu jauh berbeda dengan porsi kita di kampus.. Mampu dengan amat sangat baik menata studinya..

Thesis Lanjut..
Progress Tarbiyah bergerak..
Dan waktu keluarga masih berjalan secara maksimal..
Juga aktivitas-aktivitas dengan para TKI.. masih terlaksana dengan baik..

Saluut lihat mereka..
Untuk itu.... Agak greget rasanya menyaksikan teman-teman yang merasa kehilangan semangat, tidak punya spirit untuk menyelsaikan studinya..

Ok..
maaf, kepanjangan pengantarnya..
Berikut sedikit catatn tentang skripsi..
Sambil mengingat kenangan menyelsaikannya..

Saya ingin bilang satu hal...

Ada amanah besar yang menunggu

Tentu kita semua tahu, dunia kampus hanyalah tempat sementara untuk belajar.. kemudian proses pembelajaran selama disana, adalah modal besar untuk menjemput amanah-amanah yang besar kedepannya..

Maka dengan LULUS nya ANTUM..
Dakwah akan semakin bergerak...
Karena semakin banyak para Ikhwah yang turun ke medan yang "sesungguhnya."
Jadi JANGAN KELAMAAN DI KAMPUS...
AKSELERASINYA.. jadi TERHAMBAT...

Setidaknya, ada dua alasan utama dalam penyelsaian skripsi..

a. Faktor Eksternal..
Biasanya, karena sulitnya pembimbing dalam membantu penyelsaian studi.. entah itu karena sikap yang perfectsionist.. atau karena ingin materi skripsinya jadi bagu...
Namun, biasanya faktor eksternal yang cukup berat adalah dari pihak pembimbing..

Saya ingin mengatakan satu hal..
KITA HARUS PERCAYA...
Pembimbing itu, mau dengan ikhlas membantu kita.. membimbing kita..
Menyelsaikan setiap masalah kita..

Jadi jangan bersuudzon, kalo mereka mau "mainin" kita..
Sering sekali, selama ngampus, dengar para mahasiswa ngeluh tentang pembimbingnya..
Saya juga pernah merasakannya..
Namun, setelah ditelisik lebih jauuh.. Sebenarnya, mereka punya tujuan yang baik.. UNTUK KITA.. bukan untuk siapa-siapa...

TIPS : Ciptakan hubungan yang bersahabat dengan pembimbing.. Sebisa mungkin kita menjadi partner kerja yang menyenangkan dengan mereka..
Jika terkadang mereka kelihatan GALAK dan banyak TUNTUTAN..
Maka TANTANGLAH MEREKA.. dengan progress reportmu yang juga LUAR BIASA..
Semakin lama, alur dikusi itu akan lebih menyenangkan..

b. Faktor Internal..

Ini biasanya YANG JADI PERSOALAN UTAMA.
Saya perhatikan, banyak ADK yang hebat-hebat.. Istilah kasarnya..
"Kalo bisa fokus.. sebulan saja kelar skripsinya.."

Ada beberapa masalah yang sering terjadi dari dalam diri mereka.. rata-rata seperti ini..

1. Kurang Fokus..
Pikiran masih kemana-mana.. apalagi yang lagi mikirin nikah setelah lulus.. biasanya sudah pusing.. !!! Hehehehehehe

2. Malas..
Ini juga sering terjadi.. Karena banyak revisi... Mereka malas menyelsaikannya..

3. Tidak punya Target..
Ini salah satu faktor terbesar... targetnya ya hanya lulus.. kemudian, soal kerja nantilah.. atau sudah punya jaringan kerja.. malah jadi tambah malas..

TIPS :

1. Kita harus punya TARGET HIDUP yang jelas..
Saya selalu berpesan kepada adik-adik kelas agar ketika Semester 1, punya target. Kapan dia harus lulus.. Berapa IPK yang dia Incar.. apa Skill yang ingin dia capai.. dst.. dst...

Harus punya itu..
Biasanya karena kegamangan TARGET.. seseorang jadi malas menyelsaikan skripsi..
"Entar bingung juga ya kerja dimana.."

Saya ingat dulu..
Ketika menyelsaikan TA.. dengan kendala Pembimbing 1 baru selesai Ph.D di malaysia, dan pembimbing 2 di Bandung..
Saya sendiri berusaha ekstra keras untuk bisa menyelsaikan tuntutan pembimbing dengan konsultasi yang hanya mengandalkan email..
Betapa sulitnya merumuskan kata-kata dan membuat satu alur pola pikir dengan pembimbing..

Namun, karena saya INGAT..
Batas APPLY beasiswa adalah 31 Maret 2009..
Untuk itu.. saya MATI-MATIAN mengejar lulus..

Begitulah.. Kita harus punya target..

2. Manajemen Waktu..

Ini menjadi masalah yang cukup krusial..
Salah satu resiko aktivis adalah (katanya) banyak agenda.. (atau sebenarnya ga sibuk cuma bilang sibuk ? ).

Kuncinya di Manajemen Waktu..
Harus bisa dengan baik mengelola diri agar selalu siap belajar kapanpun.. dimanapun..
Ini bukan persoalan SUKA dan TAK SUKA..
Namun soal KEHARUSAN..

ya suka ga suka..
Toh kita harus nyelesain skripsi agar bisa lulus...

Kira-kira itu yang sering saya dengar dan perhatikan di sekitar teman-teman..

Jika ada kendala lain, seperti kesulitan materi... sulitnya metode..
maka yakinlah..
Dengan SEMANGAAAT yang KUAT ..
semua terselesaikan..

Oh iya..
Satu hal yang penting..
Carilah tempat ngeluh..
Bisa MR..
Bisa MTR (hehehehe.. jadi ingat dulu sering ngeluh ke mereka)
Ayah
Ibu
Kakak
Pacar... (upppss... !!! semoga saja "pacar" beneran..)
Atau siapalah..

Biar beban sedikit terkurangi..

Demikian..

Mohon maaf jika ada salah kata dan kekurangan..
Ada yang mau menambahkan silahkan..

Taipei 5 Nov. 2009
~ Yusuf Al Bahi ~

Comments

  1. hukss... dalem banget, menusuk langsung di jantung hatiku... hihihih... :D

    ReplyDelete
  2. tapi kadang ada faktor di luar itu smua si ya mbak :P

    ReplyDelete
  3. @danti
    malah jadi sorrow yah
    maaaap
    aku apus aja apa yah

    @filly
    iya
    banyak faktor

    ReplyDelete
  4. nisa inget bgt niy pesennya bang aryo..
    wt para pejuang skripsi...ayo semangat....^^

    ReplyDelete
  5. eh jangan mbaaa.... ini jadi pengingat diriku je... mo tak baca2 terus, mu makan, mu tidur, mu pergi... biar inget... hehehe lebayy :p

    ReplyDelete
  6. @danti
    owh
    oke deh
    buat pengingatku juga

    @nisa
    pejuang thesis juga yah

    ReplyDelete
  7. intinya dua : keyakinan dan perjuangann

    ReplyDelete
  8. mengingatkanku buat menyicil skripsi .. wuuuuaaa


    **wlwpun blom ngambil skripsi secr formal, sih**

    ReplyDelete
  9. Wah pas bgt, nemu penyemangat di saat yg tepat :) Mau izin dishare boleh? Makasi kak :)

    ReplyDelete
  10. alhamdulillaah
    boleh
    asal cantumin sumber penulis aslinya, ario

    ReplyDelete
  11. asik asik. bikin skripsi jadi asik. ^^b

    ReplyDelete
  12. hahaha! pada intinya,motivasi itu dr diri sndiri.. kalo lum niat2 bgt,ya lama jdnya. hehe. doakan sy mb!

    ReplyDelete
  13. semangka
    blm ngelab, ud kebelet nulis
    hemm
    targettarget
    :p

    ReplyDelete
  14. @atrid
    iyah
    aku doaiiin ^^

    @devi
    yosh!
    bagus itu!!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

how to make hanbok