alhamdulillah,,,berhasil 30%

ini hari ahad yah
wikennya udah mau abiz deh
tapi aku seneng
karena udah mau ngelab lagiii
*gaya banget dah

kenapa aku pengen segera ngelab lagi?
karena aku lagi penasaraaaaan
penasaran sama hasil ngelab hari jumat kemaren

jadi pas jumat
kita running PCR hasil isolasi gel yang awal elektroforesis hasilnya BLANK
ternyata itu bukan BLANK
tapi ada
cuma terlalu pekat
jadinya ga keliatan band-nya
itu juga dosbing yang kasi tau
jadinya dosbing kasi saran diencerin 100 kali
dan gimana hasilnya???
ALHAMDULILLAH
bandnya satu dan di jumlah pasangan basa yang bener
subhanalloh
bersama kesulitan pasti ada kemudahan
setelah bolak-balik ngelab gagal terus
jumat kemarin ada titik terang
keberhasilan ngelab jumat kemarin emang baru 30% dari keseluruhan
masi ada step selanjutnya
yaitu elektroforesis primer yang F2R2 dan sekuensing
tapi aku bersyukur
karena ini membuatku lebih semangat

ada pelajaran yang bisa diambil:

1. teruslah berikhtiar
yang namanya manusia, kalo lagi gagal (dalam hal apapun) biasanya lemes kan
wajar itu
bisa jadi hopeless juga
apalagi kalo gagalnya berulang-ulang kali
rasanya kayak mau nyerah aja gitu
eits, tunggu dulu, kali aja keberhasilannya tinggal 1 meter lagi
kayak lomba lari gitu
udah lagi lari, eh jatuh
padahal sebelumnya udah jatuh berkali-kali
mpe lecet-lecet
trus jadi down dan awalnya mau nyerah
mau pulang aja
tapi ga jadi, si pelari mau lanjut ajah
dan ternyata bener
garis finishnya udah semeter lagi
sampe deh pada kemenangan
horeeeeee

2. berdoa sekuat tenaga
apapun yang terjadi dalam dalam hidup kita
pasti karena kehendakNya
berdoalah selalu
keluar rumah, masuk lab, preparasi, running PCR, dll, dimulai dengan berdoa
dan di waktu -waktu yang lain

3. pahami ilmunya
kerja di Lab ga asal nglakuin prosedur yang sudah ada
tapi harus tau, kenapa begini, kenapa begitu
kalo hasilnya belum sesuai, jadi tau solusinya apa

4. jangan terlena
udah berhasil bukan berarti udah selese gitu aja
karena emank masi ada step selanjutnya
jadi boleh seneng, tapi jangan berlebihan
*ini nasehat elly, xixixi

5. optimis
kegagalan bukan membuat jadi pesimis
tapi harus selalu optimis
terus berharap kepadaNya akan memberi keberhasilan
kalo udah pesimis duluan, nantinya kerjanya ga optimal tuh

dan aku berharap, semoga senen running PCR F2R2 dan hasilnya bagus
satu band di jumlah pasangan basa yang bener juga
aamiin ya Robb

sama teknisinya dibilang
"mba, kalo nanti udah selese, tetep ke LPPT yah, ngajari orang-orang yang baru masuk Lab, ngajrin PCR, elektroforesis, dll"
dalam hatiku
"dibayar ga yah"
haha, pamrih banget

terus ikhtiar dan optimis ^_____^

Comments

  1. Amiinnnn... Semangad mba!
    Jadi beli modemnya tadi???

    ReplyDelete
  2. ho, semangat NGeLab ...

    ki, banyak istilah yg aku ndak ngerti
    he

    ReplyDelete
  3. @nella
    jadiii
    makanya ni onlen :p


    @vyka
    iyah
    makasiy tadi yah

    ReplyDelete
  4. daripada :(
    apalagi gini T_T
    mending ^____^

    *pesen dari vyka tadi pas gtalk-an

    ReplyDelete
  5. hahaha kiki...
    punya modem baru harus senyum
    panjang kali lebar dunk^^

    sama2 ki,
    maaf ya hanya bs segitu

    ReplyDelete
  6. gapapa
    itu aja udah bikin aku teharu
    apalagi kalo vyka ke rumahku yah
    hahay

    modem mbakku
    tapi aku pinjem dulu :p

    ReplyDelete
  7. pokoknya tetep semangat hehehehhe

    ReplyDelete

Post a Comment