Thursday, September 30, 2010

yang bahaya malah yang enak

tau gak siiiiii
aku baru pulang dari Lab
huhuhu
gapapa siy
hehe

berangkat jam 7 pagi
preparasi PCR, trus running PCR
preparasi gel agarose
sambil nunggu PCR yang 4 jam lamanya itu
aku ke kampus buat kuliah
rajin donk buat kuliah walopun udah pada lupa
huehehe
iya tuh, tadi ditanya, syarat ke-aromatis-an tu apa aja
lupa dah
baca-baca lagi baru nyambung
makanya yah
baca-baca dan baca lagiiiii biar ga lupa

kuliah tadi seru karena dosennya beda sama pas aku ambil dulu
yang dulu juga seru
yang sekarang juga seru
jadi walopun ngulang, berasa ambil matakuliah baru
siplah
jadi tambah pengetahuan

kuliah tadi ngomongin minyak goreng yang dipake berkali-kali
sering disebut jelantah
u know kan, jelantah itu karsinogenik dan radikal bebasnya banyak
"ning yo enak yo nggo nyambel" kata beliau
"emank yah, yang bahaya itu malah enak, kayak dosa" kata beliau lagi
*deep sigh

abis kuliah back to lab buat running elektroforesis
hasilnya???
pertama liat pake our eyes langsung
ga ada band sama sekali alias ngeBLANK
ternyata pas dicapture pake DSLR Lab hasilnya ADA sodara-sodara!!!
tapi ga jelas karena terlalu pekat DNAnya *kata dosbing gitu
jadinya suru diencerin 100 kali n running PCR lagi
pas bilang gitu jam 2
kita bilang "besok aja yah PCRnyaaaa"
"lah ngopo sesuk, saiki!!!"
"ntar ampe jam 6 donk pak"
"lah ngopo???"
"baiklaaaaaah"

running deh ampe jam 6
sambil nunggu makan dulu di kos elly
sempet bubu juga
sempet main game platypus
daaan tadi baru aku ambil jam 18.30
LPPT sepiiiiiiiii
hiiiiii
gelap pulaaaaa
dengan secepat kilat langsung simpen hasil PCR di freezer
dan besok lanjuuuuut PCR
doakan yah
hasilnya bagusssssss
satu band di kisaran 458 pasangan basa
aamiin
*berdoa dengan khusyu'

Wednesday, September 29, 2010

merintik baca ini http://multiply.com/m/item/dysisphiel:journal:83

pelajaran penting dari ngeLab hari ini



hari ini kita preparasi buffer
kita pikir cepet paling sejam
ternyata mpe
4 jam sodara-sodara
selama 4 jam itu
kita dapet banyak pelajaran
apa aja itu

1. EDTA bisa larut dengan penambahan basa
kenapa hayo???
itu yang harus dicari alasannya
buka-buka buku lagi yaaaaaaa

2. ngaduk itu pake magnetic stirer, bukan pake spatula
padahal dulu biasa banget ngaduk pake pengaduk
mikirnya kayak ngaduk kopi gitu kan pake sendok
bukan pake blender

3. asam asetat glasial baunya bikin pingsan
pakelah masker yang tebellll
duh, tadi kita teler akibat asam ini
hahay

4. pH meter harganya 5 juta
so, pakenya harus ekstra hati-hati
kalo di kampusku dulu
harganya seharga motor loh
hwhwhw

5. kita dibilang masi belum bisa apa-apa
so, harus mau belajar!
katanya "masa S2 kayak kalian si mba, apa-apa ga tau, apa-apa ga bisa"
kita pun cuma nunduk
hehe
pecut buat kita tuh
bukan malah jadi lemes

setelah preparasi kita elektroforesis hasil isolasi gel
dan hasilnyaaaaaa???
ngeblank
dueng dueng dueng
rasanya badan tambah lemesss
Robbiiii...
hanya kepadaMu berharap

ya ya ya
tetep semangat
kita baru ngelab 18 hari loh
rasanya emank udah lama
tapi setelah diitung, baru 18 hari kok
ya wajar kalo belum berhasil *menghibur diri"

apapun itu, harus disyukuri, dapet kesempatan ngeLab di LPPT yang keren
rasanya beruntung banget
kenal dengan para teknisi handal
kita bisa banyak belajar dari mereka
juga dosbing yang sabaaaaaaaaaaaaar ngadepin kita yang belum tau apa-apa

yuk ah
bersyukur selalu

Tuesday, September 28, 2010

WRP enak juga yaaaaaaaa ^_~

lagi-lagi dikira S1

sore yang cerah,,,alhamdulillah pulang dari Lab ga keujanan

ngapain aja hari ini?
hari ini full agenda ngeLabnya
pagi kita nge"run" elektroforesis
yang di"run" hasil PCR sebelum lebaran
hasil elektroforesisnya kayak gini niabiz itu kita poto
xixi
tebaaaak
aku yang mana?
haghaghag

siangnya isolasi gel
pake reagen kit
reagen kit itu kayak bumbu instan dalam masakan
jadi makenya lebih gampang
tapi secara harga lebih mahal

alhamdulillah
kita ga sampe kloning
mpe sekuensing aja
tetep semangat lah pokoknya
apapun yang terjadi

tadi masa dibilang lagi sama bu teknisi
"mba, mosok wong sak LPPT ngiranya kalian mahasiswa S1"
"umur berapa si?"
"22?"
"wah, lebih bu"
"brarti baby face"
""


yattaaaaa...punya blogspot \^_^/

Monday, September 27, 2010

ngeLab pake helm, he???

mmm
apa yah
tiba-tiba bingung mau nulis apa
hehe

hari ini gak ngelab
jadi tadi kuliah pendalaman
sebagai senior *gaya
duduknya di belakang
hihi
ngeliat angkatan 2010, ternyata kebanyakan alumni UGM
kalo di angkatanku ga terlalu banyak
jadi seru
kita semua sama-sama orang baru di UGM
macem-macem asal S1nya
jadi sama-sama belom tau karakter dosen, matakuliah, ujian
dan itu yang membuat kita kompak
*tsaaaaaaaaaah
tapi bener loh
angkatan kita katanya lebih kompak dibanding angkatan 2008
alhamdulillah
emank si kekompakan tu ga penting-penting banget
tapi penting dink
bisa ngedukung suasana belajar kalo kompak

abiz kuliah diskusi sama dosbing dan dosbing junior
anak jaman sekarang yah mainnya internet
haha

diskusi bahas apa ajah?
bahas besok mau ngapain
plan kita isolasi gel hasil elektroforesis
karena ngeliatnya di bawah sinar UV
kita besok pake safetynya lengkappp kapp kappp
kata dosbing "besok pake helm"
he? helmnya kayak apa yah
bismillah
semoga berhasil
semoga setelah ini sekuensing
dan setelah sekuensing?
udaaaaaaaaaaaaaaaah
tinggal ngedraaaaaaft
trus ikut TPA
trus sidang
trus lulus
trus wisuda baju item
trus wisuda baju merah :p

aamiin

plannya begitu
tapi semuanya aku serahkan padaNya
karena Dia Maha Mengetahui yang terbaik buatku

Sunday, September 26, 2010

emot lucu ~(˘.˘~)(~˘.˘)~ sepakat ga? hehe

angin kemarin sore

judulnya sama kayak mba desi ah

jam setengah dua apa yah
aku lupa tepatnya
lagi di depan lepi nginstal ovis 2007
lepiku abiz diinstal ulang karena virus yang lagi ngetren berbentuk shotcut
sambil dengerin jetaudio pake headphone
lama-lama kok kayaknya "glundhang-glundhang"
apa ini yah? ternyata angiiiiiiin
di rumah cuma ada aku sama mba yuni
mba hani sama alif lagi jalan-jalan
mba yuni langsung heboh
"mbaaaaa, pada methu kabeh mbaaaaaa, mbaaaaa, mbaaaaaa"
aku langsung panik
obrak-abrik lemari nyari jilbab
alhamdulillah baju udah pake baju panjang
langsung lari keluar rumah
tetangga juga pada tereak
"mbaaa, methu, di luar aja"
aku dan mba yuni berkumpul sama tetangga-tetangga
suasananya mencekam
semua pada istighfar, bertakbir, dan pegang hape
baru inget hapeku masi di dalam kamar
balik lagi deh ambil hape
langsung SMS mba hani nanya di mana dan suru jangan pulang dulu
SMS ibu dan sahabat-sahabatku
ibu langsung telpon
"gimana i?"
"masi angin ni bu, suara anginnya tu kedengeran, kayak bunyi pesawat deket"
"ibu lagi di bioskop ni, lagi nonton sang pencerah, rombongan se-PCM sampang"
"he? ii malah belum nonton"
"ya semoga baik-baik aja, berdoa aja yah, ywdh yah, assalamu'alaikum"
"wa'alaikumussalam"

sampe adzan ashar berkumandang, angin masi kenceng, tapi udah agak mereda, ada grimisnya juga
sholat dulu aja apa yah
akhirnya balik ke rumah lagi buat sholat
dan anginpun mereda
alhamdulillah
sholatnya di ruang tamu karena takut kalo ada apa-apa bisa langsung lari
hehe

ga lama alif sama umi pulang
alhamdulillah, semua baik-baik aja
mati lampu ampe jam 8
malemnya bisa bubu dengan tenang


Saturday, September 25, 2010

status keren pesbuk malam ini

lagi-lagi kopas dari pesbuk
pesbuknya mba ulict yang nama di pesbuknya Suri Jayeng Pradani
yang aku udah pernah ketemu ama mbaknya
ga tau mbak ulict inget ato nggak
hehe

status keren pesbuk malem ini goes to

jreng jreng jreng

padahal sebenernya dalem loh

"Dalam sebuah tiang yang kulihat hari ini, di atas janur kuning, di bawah bendera kuning...

Ada misteri dalam setiap ketetapan-Nya, ada rahasia dalam setiap keputusan-Nya...

Rabb...bantu kami memahami hikmah atas setiap kejadian yang terjadi atas diri kami dan di sekeliling kami, dan bantu kami ikhlas dan ridho atas setiap keputusan dan ketetapan yang telah Engkau gariskan atas diri kami"

sumber http://m.facebook.com/profile.php?id=1389314601&v=wall&story_fbid=151290494911843&fbb=r4f710618&refid=7

(copas) Hidup, Dalam Sebuah Perenungan

buka FB ada sahabat lama di MP
ada tulisan terbarunya yang bagus
udah ijin kopas boleh

Hidup, Dalam Sebuah Perenungan
25 09 2010

Bismillah…


Hidup mengajarkan kita untuk bertahan

Melatih kita untuk berlari dalam keterbatasan

Menguji nyali kita hingga di titik akhir ketidakberdayaan

Bahkan, ia mampu menjadi duri-duri tak berkeseduhan di jalan-jalan perjuangan

Sebab, hidup adalah waktu sebelum kita meraih 2 kemungkinan

Kesuksesan dari usaha, atau kekalahan karena kelalaian

Manakah yang akan kau pilih ?

kuingin mengajak alam pikirku untuk menikmati sisi lain dari pribadiku, berpikir secara mendalam tentang perjalanan waktu yang telah berlalu hingga hari ini. Mengaitkan satu-persatu kejadian yang tidak bisa kita katakan sebagai sebuah kebetulan, melerai tumpukan-tumpukan kertas kehidupan yang menjadi catatan sejarah setiap manusia, hingga menuliskan catatan-catatan kelam yang pernah tercipta, walau hanya untuk sekedar di raba. Pada akhirnya, tertuanglah sebuah kesimpulan. “Bahwa sejatinya hidup ada pada hidupnya hati kita”. Sejauh manapun engkau mengelana, seberapa tinggipun gelar pendidikan yang kau dapatkan, atau sebanyak apapun harta yang kau kumpulkan, selama hatimu telah mati, maka bisa dipastikan, engkau tak pernah merasa puas dan berhenti untuk mengejar dunia. Sebab keinginan untuk melapangkan hidup kita, tanpa memperhatikan kelapangan hati kita, akan berakhir pada titik TIDAK TERBATAS yang akan terus berlanjut hingga dunia melelahkanmu.

Sudah 1 tahun aku mengembara jauh dari negeri tercinta. Menelisik cerita yang pernah kuimpikan sebagai wujud realisasi berbagai cita, bahkan, pengembaraanku adalah lambang capaian terbaik yang pernah kurasakan dalam hidupku. Berbagai asa, keinginan, harap dan semua yang terangkum dalam kalimat masa depan telah kubawa bersama kotak rahasia yang kusimpan erat di dalam jiwa. Mencoba menguatkannya detik demi detik hingga semua yang tersembunyi di dalamnya, akan semakin berkilau, kemudian, merekalah yang akan menjadi penuntun jalanku hingga mampu kuretas kepingan-kepingan cita yang berserakan. Hanya saja, ternyata semua tak semudah yang dibayangkan. Kita punya fitrah sebagai manusia, kita punya tumpukan kenangan masa lalu yang kelam, kita punya kekuatan jiwa yang tak selalu stabil, bahkan, meskipun semua kekuatan telah coba kita kumpulkan, namun retak-retaknya jalan yang pernah ada pelan-pelan akan menguraikan semua kekokohan yang telah kita bangun. kelemahan-kelemahan ini menjadi senjata ampuh bagi para musuh malaikat untuk mengalihkan jalan kita menuju jalan kegagalan.

Disanalah kita membutuhkan kehadiran manusia lain. Ia yang akan mengisi kekosongan jiwa kita yang rapuh, Ia yang akan menguatkan kelemahan-kelemahan kita yang mengurita, bahkan Ia pula yang akan meluruskan langkah kaki kita yang sudah mulai membelot. Beruntunglah kalian yang memiliki mereka. Walau hanya sekedar berbagi cerita, walau hanya sekedar melerai tawa, atau hanya sekedar diam tanpa bicara, kehadiran sosok-sosok sahabat yang selalu memberi kekuatan kebersamaan adalah anugerah terindah bagi kita untuk tetap bertahan dalam kelapangan.

Mengurai cita, mengejar asa, atau merealisasikan harap bukanlah perkara gampang. Kita keluar dari wilayah kenyamanan hidup kita yang telah kita ciptakan sebagai bentukan budaya kita terdahulu. Merubah cara pandang, memperbaiki berbagai kekurangan, hingga menghancurkan titik-titik kesenangan sekalipun, adalah resiko yang harus kita ambil. Belum lagi ketika kita akan mulai menghitung berapa lama waktu yang kita habiskan dengan orang-orang tercinta. Maka jawaban yang selalu kita temukan adalah perjuangan itu selalu keras, penuh air mata, penuh pengorbanan, bahkan kita harus berani mempertaruhkan hidup kita dan mengambil segala resiko yang belum pernah kita bayangkan sekalipun.

Kekuatan terbesar untuk menjadi kokoh adalah KEYAKINAN. Kita harus yakin, bahwa meretas cita, mengurai asa, dan mengejar harap adalah sebuah KEHARUSAN. Sungguh, sejatinya ia, bukanlah untuk kehidupan dunia kita, tapi semua proses panjang ini adalah HAKIKAT dari HIDIP kita sendiri. Dialah yang akan menentukan dimanakah 2 kemungkinan hidup yang akan kita tuju. Kesenangan yang abadi ataukah kesengsaraan yang menyiksa ?. Begitulah hidup memberi jawaban bagi setiap pertanyaan-pertanyaan kita.

Akupun benar-benar merasa, bahwa di titik ini, semua keberanian, semua resiko, dan semua tanggung jawab menjadi awal tantangan yang harus benar-benar terselesaikan secara bijak. Jika salah mengambil langkah, jika titik-titik hitam noda masih terus berteman dengan putihnya hati kita, maka dipastikan KEGAGALAN menuju dunia yang sebenarnya akan aku rasakan, meski keberhasilan di dunia yang sementara ini BISA SAJA akan kukecap. Namun, sekali lagi, kelemahan-kelemahan manusia memang selalu tak mudah untuk ditaklukan. Maka sesungguhnya, MUSUH TERBESAR di dalam hidup kita adalah DIRI KITA SENDIRI. Jika engkau berhasil menaklukkan nafsumu, dan memenangkan ruh-mu (jiwa-mu), maka HIDUP dan SEGALA TANTANGANNYA akan engkau kalahkan dengan keberhasilan mencahayakan jalan perjuanganmu.

Masih panjang perjalanan untuk merealisasikan semua impianku. Berharap bisa lebih bijak, bisa lebih bersabar, dan yang terpenting, lebih bisa memahami keberadaan kita sebagai utusan dari Allah untuk bumi-Nya.


Taipei, 25 September 2010

- untuk perenungan -

~ Yusuf Al Bahi ~

sumber http://almuhandis.wordpress.com/2010/09/25/hidup-dalam-sebuah-perenungan/

horeee,,,oktober ada, november ada, desember ada, januari juga ada, hayo sapa yang februari 2011? maret? april? mei? juni? haha

Friday, September 24, 2010

bertemu kembali dengannya

sesuai dengan request dosbing, kita survey alat sekuensing
awalnya kita tau di jakarta ato gak di unair surabaya
udah mau SMS atik (aisavitri) nanya-nanya tentang alat sekuensing
ternyata dapet info dari senior yang sepekan lagi terbang ke jerman, katanya di UIN ada
UIN jogja pula,,,alhamdulillah, ga perlu jauh-jauh
sebenernya kalo jauh malah seneng bisa jalan-jalan :p

sampe di UIN lagi ada opak (istilah ospeknya UIN)
jadinya rame, untung ga dikira MABA, haghaghag
masi buta UIN, sepanjang jalan liat plang dimana fakultas sains dan teknologi
sekarang FMIPA pada ganti nama loh
jadi fakultas sainstek, katanya karena ada jurusan Ilmu Komputer
tapi UGM masi MIPA aja si, UNDIP juga

dari parkiran, nanya satpam, ternyata kita kejauhan
balik lagi ke depan, malah langsung nemu Lab sains terpadu
keren euy, semua instrumen jadi satu, jadi ga ribet yah
di Lab nanya di bagian resepsionis
alhamdulillah, alat sekuensing masi kosong, belum ada yang ngantri
sebelumnya dapet gosip dari senior, kalo sekuensing UIN udah menolak order sampe akhir taun
ternyata hanya GOSIP sodara-sodara
ngebooking sekalian deh
seharusnya bayar uang muka, tapi karena kita belum dikasi duit sama dosbing, jadinya belom bayar n_n
sempet tanya-tanya dikit tentang sekuensing sama resepsionisnya
ga tau lagi nanya apa tiba-tiba mba resepsionis nyebut nama teknisinya
"itu tergantung teknisinya, mba festy"
"apa mba?"
"teknisinya"
"bukan, nama teknisinya sapa?"
"owh, festy, kenapa?"
"festy biologi UNDIP?"
"iya"
"subhanalloh, itu senior saya mba"
"ooo"
"minta nomernya mba, udah lama banget lost kontak"

subhanalloh, ternyataaaaaa

mba festy adalah senior sefakultas
kostnya depan kostku
asalnya dari plat R juga
sejak si mbaknya lulus (lulus cepet), bener-bener lost kontak
nomer hapenya ilang, kayaknya dia juga ganti
kabar trakhir taun kemarin dia nikah, tapi aku ga bisa dateng
abiz itu bener-bener udah ga pernah kontak
dan hari ini, alhamdulillah, semoga bisa bersilaturahim kembali dengannya

(copas) alumni MIPA UNDIP berprestasi di AS

pagi-pagi dapet email dari milis JRMN
Peneliti Asal Kendal Raih Penghargaan di AS
Ini merupakan penghargaan kedua bagi Ali Khumaeni, peneliti laser plasma spectroscopy

Kamis, 23 September 2010, 13:24 WIB
Renne R.A Kawilarang

Ali Khumaeni saat bekerja di laboratorium Fukui (2007)


VIVAnews – Seorang mahasiswa Indonesia berhasil menerima penghargaan tingkat internasional bidang aplikasi Laser Plasma Spectroscopy atau Laser-Induced Breakdown Spectroscopy (LIBS) di Amerika Serikat (AS). Dia adalah Ali Khumaeni.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Osaka mengungkapkan bahwa peneliti asal Kendal berusia 27 tahun itu merupakan mahasiswa program master dari Universitas Fukui, Jepang. Makalah Khumaeni dianggap sebagai yang terbaik untuk kategori mahasiswa pasca sarjana di "6th International Conference on LIBS" di kota Memphis, Tennessee, AS, pada 13-17 September 2010.

"Konferensi Internasional LIBS merupakan konferensi terbesar bidang laser plasma spektroskopi yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali," demikian siaran pers dari KJRI Osaka. Dalam konferensi tersebut, ratusan mahasiswa paskasarjana, para ahli LIBS, profesor, dan perusahaan yang bergerak di bidang optik, laser, dan imaging hadir untuk menyampaikan gagasan, ide dan perkembangan serta kemajuan hasil riset terkini bidang LIBS.

Makalah Khumaeni berjudul "Direct Analysis of Powder Sample Using Transversely Excited Atmospheric CO2 Laser-Induced Metal-Assisted Gas Plasma at 1 atm by Introducing the Powder Particles into the Plasma." Artikel itu dinilai para juri dan ahli LIBS sebagai makalah dengan orisinalitas terbaik kedua.

Menurut Khumaeni, makalah tersebut juga akan dimuat di Jurnal Internasional Analytical and Bioanalytical Chemistry. "Ini adalah kali kedua setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan sebagai Young Scientist Award dari International conference on laser probing di Nagoya, Jepang, pada Oktober 2008," kata Khumaeni. “Saya sangat bersyukur hasil riset di lab mendapat pengakuan internasional.”

Selain di LIBS, Khumaeni telah banyak menulis di beberapa jurnal internasional tentang applied spectroscopy, fisika terapan, dan pendidikan fisika.
Bidang LIBS saat ini berkembang sangat pesat di Amerika dan Eropa. Di Asia, bidang ini mulai menarik perhatian para ilmuwan dari Jepang, Korea, China, dan Hong Kong. LIBS kini menjadi teknologi alternatif masa depan untuk analisis material semua fase baik padat, cair, maupun gas.

Menurut Khumaeni, LIBS mulai diaplikasikan sebagai metode analisis atom dan molekul dalam material di semua bidang termasuk pembangkit tenaga nuklir dan industri nuklir, polusi lingkungan, industri makanan, industri obat-obatan (farmasi dan kedokteran), pertanian dan perkebunan, arkeologi, thin film, forensik, safety and security, luar angkasa, dan lain-lain. (kd)• VIVAnews

http://teknologi.vivanews.com/news/read/179144-peneliti-asal-kendal-raih-penghargaan-di-as

*Ali Khumaeni adalah mantan ketua rohis MIPA undip sekaligus turut merintis JRMN bersama para pendahulu di era akh Dody UGM dkk
go ilmuwan muslim go
go Indonesia go

gamis ungu do it by myself

di pertengahan ramadhan kemarin
abiz shubuh ngantuuuuuuuuuuk sangat
haduh, ngapain yah biar ga ngantuk
ahaaa....njait aaaaaaaah
ambil koran, penggaris, bolpen, bikin pola
pola ditempel ke kain, digunting, dijait, and taraaaaaaaaternyata cuma 2 jam bikin kayak gini
dari mulai pola ampe finishing
ngomongin finishing, kata nisa jaitanku tuh unfinished semua
haghaghag
karena adanya mesin jait zigzag, jadinya aku manfaatin sebagai obras
emank si ga rapi, tapi lumayan, ga bikin ujung kain "mbrudul"
bajunya dikombinasikan dengan manset ungu, dan jilbab paris japan ungu juga
dan aku pake pas trah kemareeeeeeenawalnya takut juga kayak baju ibu hamil
qeqeqe
tapi kata sepupu-sepupuku yang cewe2 enggaaa

kainnya katun, harga 12rb/meter
buat baju gini (tanpa lengan), butuh 2 meter
jadi cuma abiz 24rb

wanna try another desain, tapi ga ada ide, ada yang mau nyumbang desain???



namanya rahasia

ucluk-ucluk ke ruangan dosbing buat bimbingan
eh, adanya dosbing junior alias anaknya dosbing lagi di depan kompi
ternyata lagi rapat beliaunya
jadinya ngobrol deh sama bocah imut n ngegemesin itu

Q : lagi apa dek?
A : lagi maen game *muka tetep ngeliat kompi
Q : namanya sapa?
A : alfin *masi ga noleh
Q : kelas berapa?
A : kelas 3
Q : oooo, tadi pulang jam berapa?
A : jam 11
Q : sekolah di mana?
A : SD u!@$%^&&* *ga jelas suaranya
Q : apa??? ungaran??? jauh bener *pasti aku salah denger
lebaran kemaren ke mana?
A : purbalingga
Q : tempat sapa?
A : eyang
Q : alfin anak ke berapa?
A : pertama
Q : punya adik?
A : punya
Q : berapa?
A : satu
Q : cewe ato cowo?
A : cowo
Q : kelas berapa?
A : TK
Q : namanya sapa?
A : namanya rahasia
Q : *ngikik bareng aku ma elly, kayaknya ni bocah kesel kita tanya-tanya

bener juga pas kita lagi diskusi sama dosbing
si alfin bilang "pulang pa, pulang pa" berkali-kali
bosen kali yah
dari jam 11 mpe sore di kantor bapaknya

see u later alfin

Thursday, September 23, 2010

baru tau ada nodame anime, aku punya aku punya aku punya looooh, *pamer.com

ngampus yuuuk

hari ini dosbing SMS "hari ini kita diskusi aja jam 2"
ywdh deh, yang tadinya menuju LPPT, lanjut ke kampus
berharap ketemu temen-temen
kangeeeen banget sama merekaaa
nyampe jurusan sepiii,,,pada ke mana ni orang
ke lab anorg berharap ketemu devi
eh, malah ada kuliah pak dosen mirip strezeman yang di nodame
hihi

ke lab organik tercinta deh, bener aja, ketemu anak-anak
padahal pengen liat muka-muka mahasiswa baru
tapi kok ya liatnya orang itu-itu aja yah
haha
hotspotan di basecamp organik
subhanalloh,,,ternyata semua pada bawa kue lebarannya
alhamdulillah lagi ga puasa
eh eh eh, ada yang puasa syawal, mbatalin gitu aja gara-gara liat bolen kartikasari
haha
emank enak tu

kalo udah pada penelitian gini, jadi jarang ada momen ngumpul bareng temen-temen
jadi kangen masa-masa kuliah
walopun tugas banyak, presentasi tiap pekan, tapi bareng temen-temen rasanya serruu
apalagi aku yang ngelabnya ga di kampus
jadi jaraaaaaang banget ke kampus akhir-akhir ini
padahal udah ambil matakuliah banyak
apa dicancel aja yah
hehe

apdet dari mahasiswa baru, peminat organik taun ini bertambah
angkatanku peminatnya 10 orang
angkatan sekarang peminatnya 15 orang
hoho
baguslah, makin banyak yang suka sama kimia organik kali
tapi sebenernya lebih dikit lebih enak
kebersamaannya lebih kerasa
sesama mahasiswa, juga dosen sama mahasiswa

alhamdulillah, begitu banyak nikmat dariMu ya Rabb n_n, mari kita mengucap hamdallah



Wednesday, September 22, 2010

itulah seninya penelitian

diiringi hujan deras yang mengguyur jogja sore ini
apakah di tempat kalian juga hujan?

ngelab hari ini gimana?
alhamdulillah berjalan lancar
walaupun hasilnya belum well done
kayak orang bikin masakan, misalnya nasi goreng
bentuknya udah bener nasi goreng, bukan bubur ayam
tapi rasanya belum well done
jadi harus diulang
kalo kata dosbing
"itulah seninya penelitian mba, dengan mengulang, kita bisa belajar banyak hal"
baiklah bapak,,,kita tetep semangat kok

agendanya tadi running PCR hasil RT-PCR kemarin
sambil nunggu, makan siang pake bekal yang aku siapin dari rumah
rasanya enaaaaaak banget, haghaghag
enak karena kelaparan kayaknya
iya donk, ngelab itu menguras energi, naik turun tangga, tahan napas *ini apaan???
tahan napas pas ngambil 1 mikroliter larutan yang berada di bawah lapisan minyak
gimana ga tahan napas, harus konsen bener biar minyaknya jangan ampe keambil
ga masalah kalo ngambilnya banyak n dari tempat yang gede
ngambilnya 1 mikroliter ato setara 1 pangkat minus 6 liter
tube-nya segedhe ujung kelingkingku

sesi elektroforesis ada watcher (istilah yang aneh)
mereka adalah mahasiswa U** yang ngerjain proyek dosen mreka
bedanya, kalo kita buat thesis, kalo mereka buat digaji
enak mana? enak dua-duanya, haha
si watcher ini lumayan cerewet nanya-nanya
jadilah tadi kita kayak kasi kuliah ke mereka
padahal kita mah taunya baru gitu-gitu doank
ditanya lebih jauh lagi belum bisa jawab tuh
haghaghag

Tuesday, September 21, 2010

DNAse treatment

gimana ngelab hari ini?
alhamdulillah lancar...
dari jam 8 sampe jam 5
berapa lama tuh?
9 jam yah
lumayan juga yah
karena agenda ngelabnya padat

dimulai dengan metik daun melinjo di geografi
menuju LPPT, langsung preparasi reagen
steril-in tempat isolasi pake alkohol 70%
nimbang daun dilanjut dengan penggerusan pake mortar yang udah disterilisasi di autoclave
digerus sambil nambahin nitrogen cair
deg-degane pooolll pas ambil nitrogen cair
hihi
asapnya itu loh yang bikin negatif thinking
kayaknya bahaya banget
emank si bahaya, tapi bukan berarti ga boleh dipake kan
yang penting safetynya lengkap
baru tau ternyata nitrogen cair sedingin itu
mpe beku kayaknya ujung jariku tadi

next, dikasi trizol yang merupakan senyawa fenol yang bersifat karsinogenik
so, jangan lama-lama buka ni reagen
baunya bikin lemes
mungkin kayak dementor yang di harry potter yang menyerot kebahagiaan
haha

dan seterusnya banyak stepnya, finally dapet total RNA
dilanjut pengukuran kualitatif pake gel elektroforesis
alhamdulillah, band-nya lumayan
pengukuran kuantitatif pake spektro uv-vis
alhamdulillah hasilnya memenuhi syarat sebagai kadar RNA

yang beda dari sebelumnya adalah pemakaian DNAse
sambil dibimbing bu teknisi
alhamdulillah udah lumayan "ahli"
haha
eh eh eh, bu teknisi ga tau amnesia ato kenapa
tiba-tiba bilang "mba, tak kira kalian S1, yang S1 malah aku kira S2"
haghaghag
resiko punya temen imut kayak elly, jadi kecipratan

abiz treatment DNAse, lanjut RT-PCR dengan tanpa bimbingan bu teknisi
udah "ahli" euy
sebenernya lebih enak kerja sendiri
lebih bebas berekspresi
lebih PD
kalo ada ibu teknisi rasanya takut salah gitu
hehe

hasil RT-PCR yaitu cDNA yang siap ditreatment PCR besok
moga besok boleh kerja sendiri
jadi bisa mulai jam 7
karena jam 9 ada kuliah, jadi pas tuh, nungguin PCR sambil kuliah
tapiii, hari pertama masa masuk si, kita kan cuma pendalaman (baca:ngulang)

n_n

Monday, September 20, 2010

back to Lab

libur tlah usaaaaaaaaaaiiiii
gimana lebaran kalian?
serukah?
banyak tamukah?
silaturahim ke mana aja?
aku donk di-silaturahim-in sama mba nining
^_________^
pada iri pada iri???
haghaghag

saatnya back to Lab tercintah
ngedate sama DNA-DNAku
setelah aku tinggal sekitar setengah bulan
apakah mereka merindukanku???
haghaghag
apakah aku merindukan mereka???
yaaaaaa, i do miss them so much


sebelum memulai kerja lagi, diskusi dulu sama dosbing
mau dibawa ke mana ngelab kita?
ngeliat reagen yang available, yaitu DNAse
jadinya kita isolasi dari awal lagi, dengan treatment DNAse sebelum RT-PCR
horeeeee
ulang dari awal lagiiiiiiii
^__________^
semangaaaaaaaaaat
semoga dengan mengulang dari awal
selanjutnya bisa berhasil
aamiin

ngulang dari awal berarti metik daun melinjo lagi
hoho, pohonnya masi ada di geografi
reagen isolatornya juga udah ada
inget yah, safety first
pake kacamata, jas lab pastinya, gloves and masker
bersihkan tempat kerja dengan ethanol 70%
daaan mulailah dengan membaca basmallah

apa si DNAse?
kayaknya udah pernah ditulis deh
biar inget, aku tulis lagi yah
DNAse tu enzim buat ngancurin DNA
karena yang kita mau cuma RNA
tapi nantinya RNA diubah jadi DNA lewat proses RT-PCR
trus ntar DNAnya ilang donk?
makanya, DNAse harus di-inaktivasi pake EDTA
inget yah, jangan lupa dikasi mineral oil pas treatment inih


fokus fokus fokus!!!



Thursday, September 16, 2010

ga ketipu donk!

di rumah lagi ada penipuan by SMS
semua orang rumah dapet SMSnya
apakah kalian juga?

"Tlg belikan dulu mama pulsa Simpati 20 ribu dinomor baru mama.
Ini nomornya 081340173489, secepatnya ya...penting.
Nanti mama ganti uangnya. Skrg ya"

jelas donk ga ada yang percaya
malah dikerjain balik ama lia
dia balesnya

"mama, bentar yah, aku ke counter dulu"

ga lama lia SMS lagi

"mama, aku udah di counter, adanya 50ribu, mau ga?"

hoho
penipunya ga bales ternyatah
padahal mw dikasi pulsa 50ribu loh
qeqeqe

like this!

Jika SENDIRI jangan merasa sendiri
ada Allah yg mengawasi

Jika SEDIH jangan pendam di hati
ada Allah tempat berbagi

Jika SUSAH jangan jadi pilu
ada Allah tempat meminta

Jika BAHAGIA jangan jadi lupa
ada Allah tempat memuja

INGAT Allah selalu, niscaya Allah menjaga kita

Hiasi HIDUP dengan Cahaya Islam
Insya Allah Syurga merindukan kita

copas dari SMS seorang sahabat

reuni episod dua (piala bergilir)

alhamdulillah, reuni lanjutan kemaren lebih seru
karena ada sang calon manten yang kita kerjain abiz-abizan
haha

berangkat dari rumah jam 8
jalan udah ga terlalu rame
tapi tetep horor karena mereka pada ngebut-ngebut
sampe rumah H jam 9
termasuk lama karena aku emank pelan naik motornya
udah gitu paling ga mau nyalip
takut euy
dari rumah H langsung meluncur ke rumah R, si calon manten
R adalah temen sebangkuku pas kelas 1 n 3
jadi bisa dibayangin kan gimana akrabnya kita
kita udah lama banget ga ketemu
sekitar 4 taun baru ketemu dan langsung dapet kabar udah mw nikah ajah
tapi udah memprediksi dia bakal cepet
hag hag

ga lama E dateng
makin seru aja ngobrol-ngobrolnya
apalagi pas R cerita proses ketemunya dengan si calon

ketemu di mana si?
di bis tau
jadi biasanya aku naik bis trikusuma
tapi pada hari itu kok ya trikusuma ga ada
jadi terpaksa naik majumakmur
dan sebangkulah dengannya

wow
jadi sodara-sodara
waspadalah kalo naik bis
bisa jadi temen sebangkunya adalah jodohnya
hag hag

capek ngobrol, kita poto-poto berbagai gaya
yang lucu tuh
semua mw di sebelah calon manten
katanya biar ketularan
lagi poto-poto, K dateng
dateng-dateng langsung jadi tukang moto
gomen yaaah
bukannya disuru minum malah disuru moto

adzan dhuhur berkumandang
kita sholat berjamaah dengan imam calon manten
pas wudhu juga pada mau abiz R wudhu
katanya tu urutan nikahnya
hag hag
aya-aya wae

next lunch hasil masakan calon manten
manteb euy!
emank udah layak nikah ni bocah
hag hag

sebenernya masi pengen lamaaa reuniannya
tapi lia SMS minta jemput di sekolah jam 2
kita pulang deh
sebelum pulang, kita bikin kesepakatan ada piala bergilir
pemegang piala pertama udah pasti R
dan siapakah selanjutnya?
semua pada ngacung!
hag hag

reuni episod dua (piala bergilir)

alhamdulillah, reuni lanjutan kemaren lebih seru
karena ada sang calon manten yang kita kerjain abiz-abizan
haha

berangkat dari rumah jam 8
jalan udah ga terlalu rame
tapi tetep horor karena mereka pada ngebut-ngebut
sampe rumah H jam 9
termasuk lama karena aku emank pelan naik motornya
udah gitu paling ga mau nyalip
takut euy
dari rumah H langsung meluncur ke rumah R, si calon manten
R adalah temen sebangkuku pas kelas 1 n 3
jadi bisa dibayangin kan gimana akrabnya kita
kita udah lama banget ga ketemu
sekitar 4 taun baru ketemu dan langsung dapet kabar udah mw nikah ajah
tapi udah memprediksi dia bakal cepet
hag hag

ga lama E dateng
makin seru aja ngobrol-ngobrolnya
apalagi pas R cerita proses ketemunya dengan si calon

ketemu di mana si?
di bis tau
jadi biasanya aku naik bis trikusuma
tapi pada hari itu kok ya trikusuma ga ada
jadi terpaksa naik majumakmur
dan sebangkulah dengannya

wow
jadi sodara-sodara
waspadalah kalo naik bis
bisa jadi temen sebangkunya adalah jodohnya
hag hag

capek ngobrol, kita poto-poto berbagai gaya
yang lucu tuh
semua mw di sebelah calon manten
katanya biar ketularan
lagi poto-poto, K dateng
dateng-dateng langsung jadi tukang moto
gomen yaaah
bukannya disuru minum malah disuru moto

adzan dhuhur berkumandang
kita sholat berjamaah dengan imam calon manten
pas wudhu juga pada mau abiz R wudhu
katanya tu urutan nikahnya
hag hag
aya-aya wae

next lunch hasil masakan calon manten
manteb euy!
emank udah layak nikah ni bocah
hag hag

sebenernya masi pengen lamaaa reuniannya
tapi lia SMS minta jemput di sekolah jam 2
kita pulang deh
sebelum pulang, kita bikin kesepakatan ada piala bergilir
pemegang piala pertama udah pasti R
dan siapakah selanjutnya?
semua pada ngacung!
hag hag

visitor

free counters