Friday, March 5, 2010

berpikir makro

Kuliah spektrometri kemaren
Ga tw lagi bahas apa
Oh iya
Aku inget
Bahas NMR
yang di indonesia masi yang sederhana
Beda ma di jepang
*ya iyalah
Trus crita tentang orang jepang
Yang pola berpikirnya makro
Maksudnya?
Dosenku menjelaskan lewat contoh
Kalo orang indonesia
*ato orang di negara berkembang
Tiap dia kerja
Orientasinya adalah dapet duit
*ya emank gitu kan yah
Tapi, kalo orang jepang
*dan orang di negara maju lainnya
Ketika dia kerja
Dia mikir
Apa yang harus lakukan
Apa yang harus aku kerjakan
Agar kebutuhan manusia terpenuhi
Apa si kebutuhan manusia?
Misal beras
Jadi dia mikirnya
Gimana cara bikin beras?
Nanem padi
Jadilah petani

Trus apa yang istimewa dari pola pikir makro?
Back to contoh tadi
Orang jepang jadi petani tujuan utamanya adalah memenuhi kebutuhan pangan
Jadi dia akan melakukan yang terbaek agar hasil panennya ok

Orang indo orientasinya kerja
Jadi apapun profesinya
Tujuannya duit
Misal ni
Penjual jajanan di SD
Tujuan mereka dapet duit
Jadi ga peduli
Apakah makanan yang diproduksi aman?
Ato banyak pake bahan yang sebenernya berbahaya
Dan dia tau
Tapi sengaja
Biar biaya produksi murah
Ga peduli
Bahaya ato ga
Yang penting dapet duit

Kata dosenku
Kalo disimpulkan
Berpikir makro bisa bikin seseorang jadi profesional dalam segala hal
Yupz
Mari kita belajar berpikir makro

Have a nice wiken temans

20 comments:

  1. Ilmu bijak, melepaskan subyektifitas(kepentingan sendiri) untuk menjadi obyektif (melihat untuk kepentingan lebih luas)...

    Hanya saja, pola pikir ini bisa dibentuk oleh sistem yang membuat manusia memiliki kesadaran...bukan pada sistem yang dikejar gengsi,konsumsi, dan harga diri..

    Di sana pekerjaan apa pun dihargai dan dihormati...disini...penghargaannya hanya dinilai dari materi...hingga petani pun mpe bilang ke anaknya, untuk sekolah tinggi..biar ga cuma jadi petani...duitnya cuma di bulan november dengan juli..

    Mustinya sekolah tinggi, biar bisa mengembangkan petani supaya efektif dan efisien..C#

    ReplyDelete
  2. bwt foto yg blakang blur
    yg qt bikin f0kus
    kek m0t0 kembang th0?

    ReplyDelete
  3. bwt foto yg blakang blur
    OBJEK utama dibikin f0kus
    kek m0t0 kembang th0?

    ReplyDelete
  4. klu diindonesia..
    seringkali idealisme kita kepentok ma situasi dimasyarakat..

    kebiasaan2 dan pikiran2 negatif mbuat kita selalu mentolerir sesuatu dan g lagi berpegang dgn idealisme kita.
    katanya siy, yg relistis ajah,,

    padahal, klu tiap satu orang bs terus memegang teguh apa yg dianutnya (dan g cm mngejar hal2 "kecil" ajah), maka perubahan kecil kita akan memberikan dampak kepada masyarakat..

    met berpikir besar..
    ^^

    ReplyDelete
  5. terkadang susah berpikir makr karena pengaruh orang terdekat. misale orang tua or keluarga, ngapain mikirin orang lain. hidupmu aja susah n sudah menyusahkan?

    ReplyDelete
  6. Sharingnya bagus ^^ Makasih yaa, Rizki. Jadi berpikir maraknya makanan-makanan palsu atau memakai bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan..

    Izin copas di sini yaa Rizki :)

    ReplyDelete
  7. aih aih
    aku hanya mentransfer apa yang beliau katakan
    hehe

    ReplyDelete
  8. Wah memang diwawancara sama siapa?

    ReplyDelete
  9. Ya wdah sabar aja ya hehe kenapa gak jadi?

    ReplyDelete

visitor

free counters