Monday, November 2, 2009

gelombang cinta

alhamdulillah 4 mata kuliah udah MID
masi 6 mata kuliah lagi
semangat!
senen besok MID mekanika kuantum
mata kuliah yang unik menurutku
karena sang profesor selalu mengaitkan dengan filosofi kehidupan
jadi berasa lebih ringan kuliahnya *karena sebenernya berat T_T*

mekanika kunatum mempelajari elektron yang mengalami dualisme
elektron statusnya mendua gitu deh
elektron ini bisa kita bilang sebagai materi
kayak kita nganggep jambu biji tuh sebagai materi juga
tapi elektron juga bisa dibilang sebagai gelombang
kalo bersifat sebagai materi, elektron ni serba pasti
pasti bisa ditentukan posisi, energinya berapa dll
yah misalnya ni jambu biji yang ada di dapur
we can said that jambu biji ada di dapur
so jelas kan keberadaannya
pasti ada di dapur
nah kalo bersifat sebagai gelombang, kita ga bisa tau jelasnya ada di mana
contohnya *sang prof yang kasi contoh* adalah gelombang cinta
syapa siy yang ga tertarik ngomongin cinta :p
prof said "cinta itu ga bisa kan kita tau wujudnya
apa warnanya, segitiga ato bulat, trus adanya di mana juga ga jelas
tapi bukan berarti cinta itu ga ada kan
cinta itu jelas ada
kalo ga ada cinta, ga mungkin kita ada di dunia ini
cinta dari sang Khalik kepada hambaNya"

selaen tu juga dibikin analogi lagi
diibaratkan materi itu adalah jasad manusia
dan gelombang adalah ruhnya
materi itu sesuai dengan kaidah hukum newton
nilainya jelas n pasti besar
begitulah dengan jasad manusia
besar tho, bisa diliat pake mata, kalo dibandingin bakteri jauh lebih besar
tapi kalo gelombang itu, sesuai dengan ketidakpastian Heisenberg
elektron itu sangat kecil dan tidak bisa ditentukan posisinya
gitu juga dengan ruh manusia
sesungguhnya sangat kecil di hadapanNya

dan masi banyak cerita-cerita yang inspiratif
yang selalu profesor kaitkan dengan materi mata kuliah
wondering, besok MID soalnya kayak apa yah?
liat soal taun lalu isinya itung-itungan pake rumus yang panjangnya kayak sepur

16 comments:

  1. Wah..
    Interesting..
    Chaiyo mb i,gud lak midñ..

    ReplyDelete
  2. jadi gak kebayang kalo dulu diriku kuliah di bidang eksakta...

    ReplyDelete
  3. Ayo ayo..ntar critain anti materi ya klo dah paham..ak g paham..tp keren klo materi dg anti materi bertumbukan.c#

    ReplyDelete
  4. Fatah bis nonton angels n demon y?
    Anti materi tu sswt yg g mungkin bgt..
    Sbgs ap pun ciptaan manusia pasti ad cacatñ..

    ReplyDelete
  5. wah chika paling suka
    kalo ada dosen yang suka mengkaitkan kayak gitu
    jadi ingetnya lebih enak.. hehee ...:D

    ReplyDelete
  6. ora paham karo pertanyaanmu fatah -_-

    ReplyDelete
  7. tapi ga ada kaitannya ma mata kuliah
    trutama ma soal ujian T_T

    ReplyDelete
  8. makin hari tulisannya makin menarik
    *narik grobag*

    ReplyDelete
  9. kalau dosen/guru kebanyakan cerita juga gak enak..

    hmhm.. cinta teruuusss..

    ReplyDelete
  10. jd semangat dun kuliahnya i?
    ngmunginnya gelombang cinta sih,hehehe

    yg berat jd ringan
    yg jauh jd dekat, kayak kite *halah*

    ReplyDelete
  11. @vyka
    kuliah mah ringan
    tapi ujian....
    hmmmm
    jangan tanya
    nangis2 dah

    iyah
    kita selalu dekat di hati

    ReplyDelete

visitor

free counters